MORFOLOGI AKAR STRAWBERRY


-          Akar
Tanaman ini memiliki akar tunggang yang terdiri dari pangkal akar (collum), batang akar (corpus), ujung akar (apeks), bulu akar (pilus radicalis), dan tudung akar (calyptras). Akarnya akan tumbuh memanjang dan dapat mencapai 100 cm. Meskipun begitu, akar tersebut hanya mampu menembus tanah bagian atas sedalam 15 – 45 cm dengan menyesuaikan bentuk tanahnya. Akarnya akan muncul dari batang yang tebal dan pendek yang berbentuk rumpun.
-          Stolon
Stolon merupakan cabang kecil yang tumbuh mendatar di atas permukaan tanah. Bentuknya menyerupai sulur. Akar stolon dan tunas yang tumbuh akan membentuk tanaman baru. Stolon yang telah tumbuh dapat dipotong dan dipindahkan ke tempat lain untuk dijadikan bibit, yang biasa disebut geragih atau runner.
-          Batang
Batang strawberry berbuku – buku dan beruas – ruas pendek, mengandung banyak air, dan tertutupi daun yang seakan – akan terlihat seperti rumpun. Selain itu, batangnya yang pendek membuat jarak antar daun menjadi pendek sehingga tidak terlihat jika memiliki batang. Pertumbuhan batang strawberry juga dipengaruhi oleh kondisi lingkungan sekitar.
-          Daun
Daun tanaman ini terdapat pada tangkai yang berukuran panjang. Helai daun berbentuk trifoliate (bersusun tiga) dengan bagian tepi daunya bergerigi. Tangkai daun seluruh permukaanya ditumbuhi bulu – bulu halus dan berbentuk bulat. Daun strawberry berwarna hijau dan tipis. Daun yang hijau dapat bertahan hidup selama 1 – 3 bulan sebelum mengering dan mati untuk kemudian digantikan daun – daun yang baru.
-          Bunga
Bunga terdiri dari 10 kelopak yang berwarna hijau, 60 – 600 putik, 20 – 35 benang sari dan 5 mahkota berwarna putih. Bunga strawberry berbentuk tandan (klaster) dengan diameter 2,5 – 3,5 cm. Bunga yang telah tumbuh tidak muncul secara bersamaan. Proses penyerbukan tanaman ini, terjadi secara silang dengan bantuan manusia, serangga dan angin.
-          Biji
Tanaman ini memiliki ukuran biji yang sangat kecil. Disetiap buah terdapat biji dengan jumlah yang cukup banyak. Biji terdapat pada daging dan menempel di dalamnya dengan bentuk bulat lonjong dan berwarna kecoklatan sampai kehitaman. Sehingga pada saat kita memakan daging buahnya kita juga pasti akan memakan biji dari buah strawberry.
-          Buah
Buah strawberry berbentuk oval dan lonjong berwarna merah jika sudah matang. Dan akan berwarna hijau atau putih saat masih muda. Buah terdiri dari biji – biji berwarna putih yang disebut achene. Achne terbentuk dari ovul (sel telur) yang di serbuki dan berkembang menjadi buah kering yang memiliki biji yang keras. Buah ini memiliki rasa yang manis saat sudah benar – benar matang namun ada juga yang terasa asam. Biasanya saat di jual buah yang masam maka buah tersebut akan ditaburi gula untuk mengurangi rasa masamnya.

Comments

Popular posts from this blog

Favites sp: Deskripsi, Habitat dan Peranan

Ophiotrix sp: Deskripsi, Klasifikasi, Habitat dan Peranan

Euspongia sp:Deskripsi, Klasifikasi, Habitat dan Peranan