Pengertian Pendidikan

Pengertian Pendidikan

Pendidikan, apa itu pendidikan? Kali ini akan kita bahas pengertian dari pendidikan baik secara etimologi ataupun terminologi. Pendidikan secara etimologi adalah berasal dari bahasa Inggris yaitu dari kata Education dan dari bahasa latin Eductum. Huruf “E” dari kata tersebut, bermakna sebuah proses perkembangan. Sedangkan kata “Duco” berarti sedang berlangsung. Jadi pendidikan adalah suatu proses yang terjadi secara terus – menerus dan dilakukan secara sadar, untuk meningkatkan kemampuan diri seseorang baik dalam bentuk soft skill maupun hard skill. Sedangkan secara terminologi dapat diartikan suatu usaha sadar yang dilakukan seseorang secara terencana untuk membuat suasana belajar dan proses pembelajaran yang aktif sehingga dapat meningkatkan kemampuan dirinya dilingkungan masyarakat.

Pengertian Pendidikan Menurut KBBI

Menurut KBBI, pendidikan berasal dari kata ‘didik’ dengan mendapat kata imbuhan ‘pe’ dan akhiran ‘an’ yang berarti proses atau cara mendidik. Secara bahasa definisi pendidikan merupakan suatu proses yang dilakukan seseorang ataupun sekelompok orang untuk mengubah sikap, tingkah laku dan cara berpikirnya sebagai upaya untuk meningkatkan kedewasaan manusia melalui sebuah pengajaran ataupun pelatihan.

Pengertian Pendidikan Menurut Ahli

Setelah kita mengetahui pengertian pendidikan secara umum, selanjutnya akan dijelaskan beberapa pendapat para ahli mengenai definisi pendidikan.

-          Ki Hajar Dewantara

Ki Hajar Dewantara adalah salah satu tokoh Nasional yang sering disebut sebagai Bapak Pendidikan Indonesia. Beliau berpendapat bahwa pendidikan merupakan suatu usaha manusia untuk mendapatkan keselamatan dan kebahagiaan setinggi – tingginya. Upaya ini dapat dilakukan dengan mengasah kemampuannya melalui sebuah bimbingan, latihan ataupun pengajaran yang akan bermanfaat bagi manusia di kehidupan mendatang.

-          Driyarkara

Driyarkara menjelasakan bahwa pendidikan adalah upaya untuk memanusiakan manusia dan dapat mengangkat manusia pada skala manusiawi.

-          H. Horne

Pendidikan merupakan proses yang terjadi secara terus menerus (abadi) untuk mencapai derajat yang lebih tinggi melalui hal – hal yang telah termenifestasi dalam alam sekitar, emosional, intelektual dan sosial.

-          UNESCO

Unesco berpendapat bahwa ‘education is now engaged is preparinment for a tife society which does not yet exist’ atau dengan kata lain, pendidikan merupakan upaya menyiapkan manusia untuk kehidupan yang belum ada sebelumnya. Dimaksudkan dengan adanya pendidikan dapat menciptakan manusia yang fleksibel dengan perkembangan zaman. Karena saat ini dunia sudah berkembang begitu cepat dan terjadi pula transferof culture value yang membuat manusia untuk terus berkembang. Sehingga pendidikan dalam artian ini harus berjalan secara terus – menerus untuk menyiapkan dimasa yang akan datang.

-          Plato

Plato berpendapat bahwa pendidikan merupakan usaha yang membantu perkembangan akal dan jasmani manusia untuk mencapai kesempurnaan.

-          Ahmad D. Marimba

Pendidikan merupakan bimbingan yang dilakukan secara sadar oleh seorang pendidik kepada peserta didik, untuk meningkatkan perkembangan jasamani dan rohani.

Pendidikan Menurut UU dan GBHN

Menurut UU No 20 Tahun 2003

Pendidikan adalah usaha sadar yang dilakukan secara terencara untuk menciptakan suasana belajar dan proses pembelajran yang aktif sehingga peserta didik dapat meningkatkan kemampuannya baik dalam spiritual keagamaaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia dan ketrampilan yang diperlukan dirinya sendiri, masyarakat maupun negara.

Menurut UU No.2 Tahun 1989

Pendidikan adalah suatu proses untuk mempersiapkan peserta didik dimasa yang akan datang dengan melakukan kegiatan bimbingan, pengajaran dan pelatihan.

Menurut GBHN

Pendidikan merupakan suatu usaha yang dilakukan seseorang secara sadar dan terjadi secara terus – menerus, untuk mengembangkan dirinya baik di dalam maupun di luar sekolah.

 

Comments

Popular posts from this blog

Favites sp: Deskripsi, Habitat dan Peranan

Ophiotrix sp: Deskripsi, Klasifikasi, Habitat dan Peranan

Euspongia sp:Deskripsi, Klasifikasi, Habitat dan Peranan