TERJEMAHAN TA'LIMUL MUTA'ALLIM


Ta’limul Muta’alim adalah kitab yang biasa digunakan sebagai salah satu acuan akhlak seorang yang mencari ilmu dan merupakan salah satu kitab yang penulis pelajari saat masih dduk dibangku Mts/SMP. Dalam kitab ini terdiri dari beberapa bahasan yang akan coba ditulis penulis dengan menggunakan buku acuan dari hasil terjemahan Drs. H. Aly As’ad, M. M dan hasil pembelajaran penulis dengan guru – guru penulis saat masih duduk dibangku Mts. Langsung saja penulis akan menulis dari bab ke bab dengan bahasa yang lebih ringan. Bismillahirrahmanirrahim........
Kitab ta’limul Muta’alim ini disusu oleh Syaikh Az – Zarnuji karena beliau melihat fenomena para pencari ilmu yang dengan susah payah mencari ilmu namun ilmu yang didapatkan kurang dirasaan manfaatnya oleh orang yang mencari ilmu ataupun masyarakat disekitarnya. Adanya kekhawatiran ini menjadikan Syaikh Az Zarnuji memiliki inisiatif untuk memberikan kiat – kiat belajar bagi pencari ilmu agar ilmu yang didapatkan dapat bermanfaat, maka dari itu menamai bukunya tersebut dengan Ta’limul Muta’allim Thariqat Ta’allum ( pelajaran bagi penuntut ilmu akan jalannya belajar ). Dalam kitab ini terdiri 13 bab yang terdiri sebagai berikut:
1.      Tentang pengertian ilmu, fiqih dan keutamaannya
2.      Niat dalam belajar
3.      Memilih ilmu, guru, teman dan tentang ketabahan
4.      Penghormatan terhadap ilmu dan ulama’
5.      Ketekunan, kontinuitas dan minat
6.      Permulaan belajar, kuantitas dan tatib belajar
7.      Tawakkal
8.      Waktu keberhasilan
9.      Kasih sayang dan nasehat
10.  Istifadah
11.  Waro’ ketika belajar
12.  Penyebab hafal dan penyebab lupa
13.  Sumber dan penghambat rizki, penambah dan pemotong usia

BAB 1
Pengertian Ilmu, Fiqih dan Keutamaannya

Rasulullah SAW, bersabda bahwa menuntut ilmu hukumnya wajib bagi setiap kaum muslim laki – laki ataupun perempuan. Terutama ilmu yang berhubungan dengan keadaan ataupun kehidupan. Orang muslim wajib mempelajari ilmu yang diperlukan untuk mengetahui kondisi. Misalnya orang muslim diwajibkan untuk sholat, agar setiap muslim bisa melaksanakan ibadah yang diwajibkan atas dirinya, maka setiap muslim wajib mempelajari fiqih karena dalam fiqih dijelaskan tata cara beribadah. Dalam fiqih tidak hanya dijelaskan perihal sholat ataupun ibadah mahdah (berhubungan langsung dengan Allah; shalat, zakat, puasa, dll), melainkan juga ibadah ghairu mahdhah (hubungan dengan selain Allah; jual beli, dan berbagai jenis aktifitas dalam mu’amalah). Karena banyaknya aktifitas manusia yang berhubungan dengan ilmu fiqih maka wajib hukumnya untuk mempelajari ilmu fiqih.
-          Keutamaan Ilmu
Ilmu adalah salah satu ciri yang membedakan manusia dengan makhluk lainnya. Sehingga tidak ada yang meragukan ilmu. Keberanian, kekuatan, murah hati dan kasih sayang dimiliki juga oleh binatang. Namun tidak dengan ilmu, hanya manusia lah yang diberikan akal oleh Allah untuk mendapatkan ilmu. Selain itu, dengan ilmu pula manusia mendapatkan penghormatan. Sebagaimana Allah memberikan penghormatan kepada Adam as atas malaikat agar mereka bersujud kepadanya. Sebagaimana sya’ir gubahan Syaikh Muhammad Ibnul Hasan bin Abdullah sebagai berikut:
                        Belajarlah, karena ilmu akan menghiasi ahlinya
                        dia keunggulan, dia pula pertanda semua pujian
                        carilah ilmu agar setiap hari dapat tambahan
                        dan berenanglah, ke tengah samudra pengetahuan
                        belajarlah fiqih, dialah panglima unggulan
                        menuju kebaikan dan taqwa
                        dan dialah adilnya adil
                        ia ilmu penunjuk ke jalan hidayah
                        ia benteng penyelamat dari segala bencana
                        Seorang faqih wira’i, sungguh lebih berat setan menggodanya
                        Dibanding abid seribu
Tunggu penjelasan selanjutnya yang lebih menarik lagi....

Comments

Popular posts from this blog

Favites sp: Deskripsi, Habitat dan Peranan

Ophiotrix sp: Deskripsi, Klasifikasi, Habitat dan Peranan

Euspongia sp:Deskripsi, Klasifikasi, Habitat dan Peranan