Klasifikasi, Deskripsi, Habitat, Peranan Tungau Merah (Tetranychus sp)


1.      Tungau Merah (Tetranychus sp)
Klasifikasi
Kingdom  : Animalia
Filum        : Artropoda
Kelas        : Arachnidae
Ordo         : Trombidiformes
Famili       : Tetranichydae
Genus       : Tetranychus
Spesies      : Tetranychus sp

http://www.agrohuerto.com
 
http://www.agrohuerto.com/wp-content/uploads/2014/05/conociendo-arana-roja-01.jpg

a.      Deskripsi
Tetranychus merupakan tungau merah yang banyak merusak tanaman. Ukuran tubuhnya sangat kecil dan kulitnya tipis. Mempunyai mata sederhana dan sangat kecil.  Tubuh tunga dibagi menjadi 4 bagian yaitu: 1) Gnatosoma, merupakan bagian kepala yang dibatasi oleh sepasang tungkai, 2) Propodosoma, bagian yang mendukung 2 pasang tungkai yang didepan, 3) metapodosoma, bagian yang mendukung 2 tungkai belakang, dan 3) opisthosoma, bagian yang terdapat lubang dan tempat pelepasan telur. Pada bagian gnatosoma terdapat mulut yang terdiri dari chelicera dan pedipalpus. Chelicera digunakan sebagai alat untuk menusuk dan menghisap (Hadi, 2000).
Tungau mengalami metamorfosis tidak sempurna yaitu dari telur, nimfa instar pertama sampai ketiga kemudian dewasa. Larvanya berwarna kuning kehijau-hijauan dan dewasanya berwarna kuning, orange atau merah. Tungau merah dapat mengeluarkan toxin pada waktu makan sehingga mengganggu metabolisme tanaman inangnya dan menyebabkan kerusakan pada jaringan tanaman. Daun yang diserang menjadi kuning, kering dan akhirnya gugur (Mamahit, 2011)
b.      Habitat
Tungau merah ini banyak ditemukan di permukaan daun, dan hidup berkoloni dibawah jaring yang dibuatnya (Mamahit,2011).
c.       Peranan
Tungau ini dapat merusak tanaman terutama pada daunnya, karena baik nimfa maupun imagonya dapat menghisap cairan dari daun, cabang muda, dan buah pada inangnya (Mamahit,2011).

Comments

Popular posts from this blog

Favites sp: Deskripsi, Habitat dan Peranan

Ophiotrix sp: Deskripsi, Klasifikasi, Habitat dan Peranan

Euspongia sp:Deskripsi, Klasifikasi, Habitat dan Peranan