Anatomi Tulang Lngkap


Anatomi Tulang
Tulang merupakan bagian yang sangat penting bagi tubuh. Awalnya ketika manusia masih dalam kandungan baru berumur beberapa minggu tubuhnya hanya tersusun dari segumpal darah dan daging. Sehingga tubuh manusia belum memiliki bentuk dan penopang tubuh. Tetapi, kemudian proses pembentukan manusia itu terus berlanjut, hingga terbentuklah tulang – tulang yang memberikan bentuk pada tubuh manusia. Nah, sekarang sudah tau kan? Kalau tulang itu sangat memiliki peran yang penting dalam tubuh kita. Ya... Salah satunya sebagai penopang tubuh itu. Selain itu tulang juga memiliki beberapa peran lainnya, agar lebih jelas dan dapat memahaminya berikut ulasannya.
Fungsi Tulang
Selain memiliki fungsi sebagaimana yang telah dijelaskan diatas, berikut beberapa fungsi tulang:
-          Melindungi dan memberi bentuk tubuh, maksud dari melindungi adalah tulang juga berfungsi untuk melindungi bagian – bagian tubuh manusia yang lainnya tulan tengkorak yang berfungsi untuk melindungi otak dan tulang rusuk yang berfungsi untuk melindungi organ yang ada dibagian dada.
-          Menopang tubuh agar tetap tegak.
-          Sebagai tempat melekatnya otot – otot, dimana otot – otot ini yang membuat tulang – tulang dapat bergerak saat berkontraksi. Sehingga otot dan tulang harus saling berkoordinasi agar dapat melakukan gerakan kontraksi ataupun relaksasi sebagaimana mestinya.
-          Salah satu tempat produksinya sel darah, yaitu dibagian sumsum tulang belakang.
Sekarang sudah mulai tahu kan? Fungsi – fungsi tulang?
Tahukah anda? Pada dasarnya manusia itu memiliki 300 tulang yang kemudian seiring pertumbuhan dan perkembangan tulang – tulang tersebut ada yang menyatu. Sehingga saat mulai dewasa tulang tersebut menjadi 206 tulang. Kira – kira tulang sebanyak itu jenis apa saja ya? Untuk mengetahuinya berikut akan dijelaskan terlebih dahulu macam – macam bentuk tulang.

Macam – macam bentuk Tulang
Berdasarkan bentuknya, tulang dapat dibagi menjadi 5, yaitu:
-          Tulang Panjang
Tulang jenis ini memiliki rongga dan bertanggung jawab untuk menyangga atau menopang kerangka tubuh. Tulang panjang bisa ditemukan pada tulang femur (paha), tulang fibula (betis), tulang metatarsal (telapak kaki), tulang tibia (tulang kering), metacarpal (tulang telapak tangan) dan tulang yang ada pada lengan yaitu humerus, radius, ulna, dan tulang – tulang pada ruas – ruas jari.
-          Tulang Pendek
Memiliki ukuran yang pendek dan berbentuk bundar dan mirip seperti dadu. Karena bentuknya yang kecil dan pendek, memungkinkan anda melakukan gerakan. Tulang jenis ini terdapat pada, tulang pergelangan kaki (tarsal) dan tulang pada pergelangan tangan (carpal).
-          Tulang Pipih
Berbeda dengan tulang panjang yang memiliki bentuk panjang dan tulang pendek yang berukran pendek. Tulang pipih memiliki ukuran yang sangat beragam. Tulang ini juga memiliki area permukaan yang berfungsi untuk melindungi otot – otot yang ada pada tulang tersebut. Beberapa tulang yang memiliki bentuk pipih yaitu, tulang rusuk (rib), tulang dada (sternum), tlang tengkorak (kranial) dan tulang belikat (scapula).
-          Tulang Tidak Teratur
Sebagaimana namanya, tulang jenis ini memiliki bentuk yang tidak teratur. Beberapa tulang yang memiliki bentuk ini yaitu; tulang belakang (vertebrae), tulang ekor (coccygeal), tulang sacrum, dan beberapa tulang pembentuk wajah seperti tulang baji (sphenoid), tulang pipi (zygomatic), dan tulang ethmoid.
-          Tulang Sesamoid
Bentuk tulang yang terakhir yaitu tulang sesamoid yang terdapat pada tendon (jaringan ikat yang menjadi penghubung antara jaringan otot dan tulang. Tulang ini berbentuk bulat dan berukuran kecil. Biasanya dapat anda temukan pada tendon tangan, tendon kaki dan juga lutut. Fungsi dari tulang ini yaitu untuk melindungi tendon dari tekanan pada sendi dan juga dapat meningkatkan efektifitas kerja sendi.
 


Comments

Popular posts from this blog

Favites sp: Deskripsi, Habitat dan Peranan

Ophiotrix sp: Deskripsi, Klasifikasi, Habitat dan Peranan

Euspongia sp:Deskripsi, Klasifikasi, Habitat dan Peranan