Pengertian Kurikulum


A.                Pengertian Kurikulum
Secara etimologis, kurikulum berasal dari dalam Bahasa Latin “ curir “ yang artinya pelari, dan “ curere “ yang artinya tempat berlari. Pengertian awal kurikulum  adalah suatu jarak yang harus ditempuh oleh pelari mulai dari garis start sampai dengan  finish .  Dengan demikian, istilah kurikulum awal nya berasal dari dunia olahraga pada zaman Romawi kuno di Yunani, dan kemudian diadopsi kedunia pendidikan. Pengertian tersebut kemudian digunakan dalam dunia dalam dunia pendidikan, dengan pengertian sebagai rencana dan pengaturan tentang sejumlah mata pelajaran yang harus dipelajari peserta didik dalam menempuh pendiidikan dilembaga  pendiidkan.
Dalam pasal 1 butir 19 UU Nomor 20 tahun 2003  tentang Sistem Pendidikan Nasional, definisi kurikulum dijelaskan sebagai berikut. “ Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai pendidikan tertentu.
Secara terminologis, istilah kurikulum yang digunakan dalam dunia  pendidikan mengenadung pengertian sebagai sejumlah pengetahuan atau mata pelajaran yang harus ditempuh atau diselesaikan siswa untuk mencapai satu tujuan pendidikan atau kompetensi yang ditetapkan.
Pemerintah Indonesia menggunakan istilah kurikulum pada tahun 1968-an, yaitu ketika Pemerintah Indonesian, dalam hal ini adalah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, menerbitkan Kurikulum 1968. Sebelum itu, dunia pendidikan dinegara kita belum menggunakan istilah kurikulum. Kalau ada, penggunaan istilah kurikulum masih terbatas dikalangan intelektual  yang memang mendalami ilmu ataupun  kajian  tentang kurikulum. Dengan demikian, pada tahun 1945-an istilah kurikulum memang belum kita kenal dalam khasanah ilmu pendidikan dinegara kita. Bahkan dalam tahun 1947, Pemerintah Indonesia berhasil menerbitkan buku kurikulum yang pertama tanpa menggunakan istilah kurikulum. Kurikulum yang pertama iut dinamakan Rencana Pelajaran 1947. Sampai dengan lahirnya UU tentang pendidikan yang pertama kalinya, yakni UU nomor 4 Tahun 1950 tentang Dasar-dasar Pendidikan dan Pelajaran di sekolah, negara kita juga belum menggunakan istilah kurikulum. Kurikulum yang diterbitkan pada waktu itu adalah Rencana Pelajaran 1950. ( Suparlan, 2012 )

Comments

Popular posts from this blog

Favites sp: Deskripsi, Habitat dan Peranan

Ophiotrix sp: Deskripsi, Klasifikasi, Habitat dan Peranan

Euspongia sp:Deskripsi, Klasifikasi, Habitat dan Peranan