Anatomi Kepala Manusia


Anatomi Kepala Manusia
Setiap Manusia memiliki akal untuk berpikir. Dan adanya akal merupakan salah satu keutamaan manusia dari makhluk lainnya. Organ pada manusia yang digunakan dalam berpikir adalah otak. Meskipun setiap makhluk hidup memiliki otak tetapi tidak semuanya di gunakan untuk berpikir. Hanya manusia yang diberi keistimewaan untuk memanfaatkan otak yang dimilikinya untuk memahami dan menyerap informasi yang di dapatkan. Agar lebih jelas dan lebih mudah dalam memahami bagian – bagian yang ada pada kepala manusia, berikut akan kami berikan penjelasannya. Yuk, simak penjelasan berikut ini.
Kepala manusia terdiri dari tulang tengkorak. Dimana tulang tengkorak ini memiliki beberapa bagian yang melindungi otak dan bagian – bagian kepala lainnya. Tulang tengkorak sendiri terdiri dari tulang dahi (frontal), tulang ubun – ubun (parietal), tulang pelipis (temporal), tulang pipi atau tulang pembentuk wajah, tulang baji, tulang rahang bawah (mandibula), tulang rahang atas (maksila), tulang air mata (lakrimal) dan tulang hidung (nasal).
Tulang – tulang pembentuk kepala manusia tersebut akan terhubung satu sama lain dengan kuat, dan dihubungkan oleh tulang bergerigi yang biasanya disebut dengan sutura. Ada beberapa jenis sutura yang terdapat pada tulang tengkorak yaitu:
1. Sutura Coronalis merupakan tulang sutura yang menghubungkan antara tulang dahi (frontal) dengan tulang ubun – ubun (parietal).
2. Sutura Sagitalis merupakan tulang sutura yang menghubungkan antara parietal kiri dan parietal kanan.
3. Sutura Lambdoidea/Lambdoidalis merupakan tulang sutura yang menghubungkan antara tulang parietal dan oksipital (tengkorak bagian belakang).

Comments

Popular posts from this blog

Favites sp: Deskripsi, Habitat dan Peranan

Ophiotrix sp: Deskripsi, Klasifikasi, Habitat dan Peranan

Euspongia sp:Deskripsi, Klasifikasi, Habitat dan Peranan