Reseptor pada Kulit


B.      Reseptor pada Kulit
Pada glabrous atau kulit yang tidak memiliki rambut (seperti pada telapak tangan) memiliki empat macam reseptor. Dua diantaranya sangat mudah beradaptasi dan merespon stimulasi taktil yang datang, yaitu Pacinian Corpuscle (Corpuscullus Lamellosum Paccini), reseptor terbesar dan letaknya paling dalam (pada subcutis); dan Meissner Corpuscle (Corpuscullus Tactus dari Meissner) yang terletak persis di bawah kulit terluar (epidermis).
Sebaliknya, reseptor Merkel dan Ruffini Corpuscle (Corpuscullus Ruffini) hanya akan merespon terhadap stimulasi taktil yang lama (Setiadi, 2007).
            Modalitet peraba bagi tubuh adalah taktil, sakit atau nyeri, panas, dingin, dan tekanan. Reseptor taktil dan sakit adalah Corpuscullus Tactus dari Meissner. Reseptor panas adalah CorpuscuIIus Ruffini (di dekat subcutis dan corium), reseptor dingin adalah CorpuscuIIus Bulbo ldeakrauso (di dekat subcutis dan corium). Reseptor tekanan adalah CorpuscuIIus LameIIosum Paccini yang terletak di subcutis (Ville & Claude, 1999).
                                         

Comments

Popular posts from this blog

Favites sp: Deskripsi, Habitat dan Peranan

Ophiotrix sp: Deskripsi, Klasifikasi, Habitat dan Peranan

Euspongia sp:Deskripsi, Klasifikasi, Habitat dan Peranan