Arti Assalamu’alaikum


Arti Assalamu’alaikum
Masyarakat Indonesia mayoritas beragama Islam, sehingga tidak heran jika dalam kegiatan sehari – harinya sangatlah familiar dengan ungkapan – ungkapan yang menggunakan bahasa Arab. Ungkapan – ungkapan tersebut bukanlah tanpa arti yang diucapkan begitu saja. Melainkan ungkapan – ungkapan yang dianjurkan untuk diucapkan umat muslim sebagai salah satu do’a. Banyaknya ungkapan tersebut, kali  ini kita hanya membahas beberapa saja. Salah satunya Assalamu’alaikum yang sering diucapakan umat muslim untuk menyapa sesama muslim saat bertemu atau berpapasan di jalan. Nah kira – kira apasih arti dari kata Assalamu’alaikum ini? Mengapa sering diucapkan umat muslim saat mereka bertemu ataupun bertamu di rumah orang? Untuk lebih jelasnya yuk simak penjelasan berikut ini.
Arti Assalamu’alaikum
Jika dilihat dari artinya assalamu’alaikum merupakan do’a yang diucapkan ketika bertemu sesama muslim. Assalamu’alaikum memiliki arti semoga keselamatan terlimpah kepadamu. Ungkapan ini merupakan salah satu ungkapan yang disunnahkan untuk diucapkan ketika bertemu teman ataupun saudaranya di jalan. Hal ini dilakukan agar saudara atau teman yang kita temui senantiasa mendapatkan keselamatan yang berlimpah baik di dunia ataupun di akhirat. Tidak hanya keselamatan, diharapkan dengan banyaknya do’a yang dipanjatkan saat bertemu saudara atau teman, saudara atau teman tersebut mendapatkan kerahmatan dari Allah dalam setiap kehidupannya.
Selain sebagai do’a, salam juga dapat digunakan untuk mempererat tali persaudaraan sesama muslim. Baik itu yang dikenal ataupun yang tidak dikenal. Salam ini dapat diucapakan ketika bertemu dijalan, dimasjid ataupun ditempat – tempat lainnya saat berpapasan dengan teman.
Jika dilihat dari hukumnya, mengucapkan salam dihukumi sunnah, tetapi bagi yang mendengarkan salam di wajibkan untuk menjawab salam tersebut selama tidak ada udzur atau sesuatu yang melarang menjawabnya. Dalam sebuah hadist dijelaskan bahwa, dianjurkan bagi yang muda memberi salam kepada yang tua, yang lewat pada orang yang duduk, orang yang sedikit kepada orang yang banyak.
Dalam sebuah kitab karya Imam Nawawi yaitu kitab Al – Adzkar, terdapat 3 macam jenjang salam yang dapat kita gunakan saat menyapa teman kita, diantaranya;
-          Assalamu’alaikum yang memiliki arti semoga keselamatan terlimpah untukmu.
-          Assalamu’alaikum warahmatullah yang memiliki arti semoga Allah senantiasa melimpahkan keselamatan dan juga Rahmat-Nya kepadamu atau bisa juga diartikan semoga keselamatan dan kerahmatan Allah senantiasa terlimpahkan kepadamu.
-          Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh yang artinya semoga keselamatan dan kerahmatan dapat terlimpah kepadamu.
Untuk jawaban salam sendiri yang biasa diucapkan umat Islam adalah Wa’alaikumus Salam (warahmatullahi wabarakatuh) dan semoga kerahmatan dan keberkahan Allah senantiasa terlimah kepada kalian.

Nah, pastinya masih penasaran kan sebetulnya bagaimana makna perkatanya, berikut akan kami jelaskan:
-          Assalaamu : Keselamatan
-          ‘Alaikum : atas kamu atau untuk kamu
-          Rahmatullahi : Rahmat Allah
-          Barakatuh : Keberkahan – Nya.
Sebenarnya ada beberapa makna yang terkandung di dalamnya, sehingga salam ini sangat dianjurkan sebagai salah satu do’a ketika bertemu dengan teman. Beberapa maknanya antara lain;
-          Sebagai bentuk saling mencintai dan menghormati
Sebagaimana telah dijelaskan diatas bahwa salam merupakan salah satu do’a, maka diharapkan dengan salam kita dapat mendo’akan seseorang agar mendapatkan kebaikan dunia dan akhirat.
-          Senantiasa mengingatkan bahwa makhluk bergantung pada Allah
Dengan mengucapkan salam menandakan bahwa kita sebagai umat muslim senantiasa menyadari bahwa kedudukan kita adalah sebagai makhluk.
-          Memberikan rasa aman
Karena salam merupakan do’a, maka secara tidak langsung kita mendo’akan saudara kita dalam keadaan aman kapan dan dimana saja.
 


Comments

Popular posts from this blog

Favites sp: Deskripsi, Habitat dan Peranan

Ophiotrix sp: Deskripsi, Klasifikasi, Habitat dan Peranan

Euspongia sp:Deskripsi, Klasifikasi, Habitat dan Peranan