Anatomi dan Ciri - Ciri Akar


Anatomi akar
Akar merupakan salah satu bagian vital tumbuhan. Jika tidak ada akar, tumbuhan akan mati. Karena dengan adanya akar, tumbuhan dapat mencari unsur hara dan air mineral yang di perlukan di dalam tanah. Biasanya akar akan tumbuh meruncing kebawah menuju bumi dan pertumbuhannya akan melebar mencari sumber makanan yang di butuhkan. Semua tanaman pasti punya akar dengan bentuk yang berbeda – beda. Sebelum anda menanam atau mengkaji berbagai tanaman, tidak ada salahnya untuk memahami terlebih dahulu dari bagian terpentingnya yaitu akar. Agar lebih dapat memahami tentang akar, akan kami jelaskan beberapa pokok bahasan tentang akar. Mulai dari ciri – ciri, jenis – jenis akar, sifat – sifat akar, fungsi akar dan struktur akar.
Ciri – ciri akar
Ada beberapa ciri – ciri akar secara umum yang harus anda ketahui:
-          Akar merupakan bagian yang tumbuh di dalam tanah dan akan tumbuh dan berkembang mengarah ke dalam tanah.
-          Titik pertumbuhan akar, berada pada bagian ujung akar yang terdapat sel – sel meristematik dan terdapat dominasi apikal.
-          Kebanyakan akar tumbuh dengan menjauhi cahaya, agar pertumbuhannya lebih cepat dan optimal sehingga dapat menjangkau daerah yang memiliki unsur hara lebih banyak.
-          Akar tidak memiliki warna – warna yang cerah misalnya pada daun yang memiliki warna hijau. Akar tidak memiliki warna tersebut karena akar tidak mengandung klorofil. Sehingga pada umumnya akar berwarna putih, kuning sampai kecoklatan.
-          Bagian akar yang ujung berbentuk meruncing. Hal ini bertujuan untuk mempermudah akar dalam menembus tanah dan bebatuan sehingga dapat mencapai kedalaman yang cukup dalam.

Comments

Popular posts from this blog

Favites sp: Deskripsi, Habitat dan Peranan

Ophiotrix sp: Deskripsi, Klasifikasi, Habitat dan Peranan

Euspongia sp:Deskripsi, Klasifikasi, Habitat dan Peranan