Pembelahan Mitosis


1.      Mitosis
Mitosis adalah  pembelahan sel tunggal menjadi 2 sel anak yang mengandung jumlah kromosom atau materi hereditas yang sama atau identik. Pembelahan sel ini secara mitosis terdapat 2 tahap yaitu pembelahan inti sel (kariokinesis) dan pembelahan sitoplasma (sitokenesis). Tujuan dari pembelahan sel secara mitosis antara lain :
a.       Perkembangan dari satu sel menjadi banyak
b.      Mengganti sel-sel yang rusak atau regenerasi
c.       Membentuk individu baru
Pada dasarnya mitosis terjadi melalui beberapa tahap yang meliputi :
a.       Profase
Pada fase ini kromosom mulai terjadi pemendekan, penebalan, dan masing-masing saling berpasangan (2n) yang berdiri dari dua benang. Pada fase ini, membran inti masih tampak. Pada awal profase, sentrosom dengan sentriolnya mengalami replikasi dan dihasilkan dua sentrosom. Masing-masing sentrosom hasil pembelahan bermigrasi ke sisi berlawanan dari inti. Pada saat bersamaan, mikrotubul muncul diantara dua sentrosom dan membentuk benang-benang spindel. Dua kromatid identik bergabung pada sentromernya. Benang-benang spindel terlihat memanjang dari sentromer (Campbell et al. 1999).
b.      Metafase
Pada fase ini benang kromatid yang telah membentuk kromosom akan menempatkan diri dibidang ekuator antara dua buah kutub pembelahan. Terbentuk benang penghubung antara kinetokor dengan kutub pembelahan sel yang disebut chromosomal fibers yang akan menarik kromatid ke arab kutub-kutub pembelahan. Fase ini diakhiri dengan tertariknya kinetokor ke arah kutub pembelahan sel sedangkan lengan kromatid masih melekat satu sama lain.
c.       Anafase
Pada fase ini terjadi pemisahan lengan kromatid secara sempurna sehingga betul-betul terbentuk pasangan kromosom yang masing-masing bergerak menuju kutub pembelahan sel. Pada tahap akhir anafase ini akan tampak bahwa kromosom telah berkumpul di masing-masing kutub pembelahan sel dan sel akan lebih memanjang karena mulai tampak membran  plasma.
d.      Telofase
Pada fase ini akan terbentuk membran inti yang akan melingkupi kromosom pada masing-masing kutub pembelahan sel lalu akan tampak butir-butir kromatin. Pembentukan membran inti diikuti dengan pemisahan sitoplasma beserta organel yang ada. Diakhir tahap ini akan terbentuk dua sel yang sama dalam bentuk dan sifatnya (diploid) ( Juwono, 2012 ).





Tahapan pembelahan sel secara mitosis ( biologycorner.com )

Comments

Popular posts from this blog

Favites sp: Deskripsi, Habitat dan Peranan

Ophiotrix sp: Deskripsi, Klasifikasi, Habitat dan Peranan

Euspongia sp:Deskripsi, Klasifikasi, Habitat dan Peranan