Ciri - Ciri dan Penjelasan tentang Spirobolus celebansis


1.      Spirobolus sp.


Kingdom                   : Animalia
Filum                         : Arthropoda
Sub filum                   : Myriapoda
Kelas                         : Diplopoda
Ordo                          : Spirobolida
Famili                        : Spirobolidae
Genus                                    : Spirobolus
Spesies                        : Spirobolus celebansis (Gervasi, 1847)







Sumber : lkcnhm.nus.edu.sg
Ciri – Ciri :
Tubuh Spirobolus sp. berbentuk bulat memanjang. Memiliki banyak segmen Spirobolus sp. atau kaki seribu hidup di tempat gelap yang lembab. Memiliki antenna yang digunakan untuk menunjukkan arah gerak. Kakinya bergerak seperti gelombang sehingga pergerakkannya sangat lambat. Makanan dari Spirobolus sp. adalah sisa tumbuhan atau hewan yang telah mengalami pembusukkan. Jika ada bahaya, tubuhnya menggulung seperti benda mati sebagai upaya untuk mempertahankan diri (Soemadji, dkk. 1995).
Ordo ini memiliki kelenjar yang dapat menyemprotkan cairan yang mengandung sianida dan iodium untuk mengusir musuhnya. Tubuhnya ditutupi lapisan yang mengandung garam kalsium dan warna tubuhnya mengkilap. Kepala memiliki dua mata tunggal, sepasang antenna pendek, dan sepasang mandibula. Toraksnya pendek terdiri atas 4 segmen. Setiap segmen memiliki 2 pasang kaki, kecuali segmen kedua hingga segmen ketiga (Soemadji, dkk. 1995).
Hewan kelompok ini memiliki abdomen panjang, tersusun atas 25 hingga lebih dari 100 segmen. Setiap segmen memiliki 2 pasang spirakel, ostia (lubang), ganglion saraf, dan 2 pasang kaki yang terdiri atas tujuh ruas. Hewan yang tergolong Diplopoda memiliki sistem pencernaan yang lengkap. Sistem pencernaanya disusun oleh sustu saluran lurus dengan 2 atau 3 pasang kelenjar ludah. Di daerah ujungnya terdapat 2 saluran Malphigi panjang untuk ekskresi. Sistem peredaran darah pada Diplopoda merupakan sistem peredaran darah terbuka. Alat reproduksinya dinamakan gonopod, berada pada segmen yang ke-7 (Kotpal. 2009).

Comments

Popular posts from this blog

Favites sp: Deskripsi, Habitat dan Peranan

Ophiotrix sp: Deskripsi, Klasifikasi, Habitat dan Peranan

Euspongia sp:Deskripsi, Klasifikasi, Habitat dan Peranan