Klasifikasi dan Ciri - Ciri Tachypodoiulus niger


1.      Tachypodoiulus niger
Kingdom :  Animalia
Filum       : Arthropoda
Sufilum    : Myriapoda
Kelas       : Diplopoda
Ordo        : Julida
Famili       : Julidae
Genus      : Tachypodoiulus
Spesies     :  Tachypodoiulus niger (Leach, 1814)
Sumber : Ware. W. George. 2000. Reviews of Environmental Contamination and Toxicology. University of Florida. New York Inc.
 














Sumber : www.newworldencyclopedia.org
Ciri – Ciri:
Tubuh berbentuk silindris dan beruas-ruas (25-100 segmen) terdiri atas kepala dan badan. Setiap segmen mempuyai dua pasang kaki, dan tidak mempunyai “taring bisa” (maksiliped). Pada ruas ke tujuh, satu atau kedua kaki mengalami modifikasi sebagi organ kopulasi. Pada kepala terdapat sepasang antenna yang pendek, dua kelompok mata tunggal (Minelli. 2015).
Habitat di tempat yang lembab dan gelap dan banyak mengandung tumbuhan yang telah membusuk. Respirasi dengan trakea yang tidak bercabang. Alat eksresi berupa dua buah saluran malphigi. Bertelur. Memiliki zat kitin. Trakea tersebar tidak merata pada setipa segmen. Warna tubuhnya hitam legam. Hewan dewasa dapat ditemukan sepanjang tahun tetapi lebih serinng ditemukan pada musim dingin dan dapat bertahan hidup selama beberapa tahun setelah kawin pertama. Hewan betina dapat dapat berusia sampai Sembilan tahun. Hewan ini sering memanjat pohon (Minelli. 2015).

Comments

Popular posts from this blog

Favites sp: Deskripsi, Habitat dan Peranan

Ophiotrix sp: Deskripsi, Klasifikasi, Habitat dan Peranan

Euspongia sp:Deskripsi, Klasifikasi, Habitat dan Peranan