Myriapoda dan beberapa kelas


1.      Myriapoda terbagi menjadi empat kelas yaitu:
a.       Symphyla
b.      Pauropoda
c.       Chilopoda
d.      Diplopoda
2.      Ciri – ciri kelas
a.       Symphyla memiliki sepasang antena filiformis di kepala, tidak terdapat mata. Selain itu symphyla juga  mempunyai sepasang mandibula dan dua pasang maksila, kedua pasang maksila tersebut membentuk labium. Symphyla mempunyai cerci yang didalamnya terdapat kelenjar sutra dan  mempunyai sepasang gonad.
b.      Pauropoda merupakan myriapoda progoneat kecil dengan panjang sekitar 0.5-1.5 mm. Tubuh pauropoda dewasa memiliki abdomen dengan jumlah segmen 12, 6-12 tergite dengan 5 pasang bothriotricha dan 8-11 pasang kaki dengan 5-6 segmen.
c.       Chilopoda disebut juga centipede, tubuhnya pipih dan bersegmen-segmen. Jumlah segmen tersebut tidak sama tergantung pada jenis spesiesnya berkisar antara 15-17 segmen. Tiap segmen tersebut mempunyai sepasang kaki kecuali 2 segmen terakhir dan sebuah segmen di belakang kepala. Pada segmen yang dibelakang kepala tersebut terdapat sepasang cakar beracun yang disebut maxilleped, digunakan untuk membunuh mangsanya.
d.      Diplopoda memiliki tubuh bulat panjang (silindris) dan terdiri dari 25-100 segmen atau lebih tergantung jenis spesiesnya. Pada setiap segmen terdapat dua pasang kaki. Hidup ditempat gelap dan lembab.

Comments

Popular posts from this blog

Favites sp: Deskripsi, Habitat dan Peranan

Ophiotrix sp: Deskripsi, Klasifikasi, Habitat dan Peranan

Euspongia sp:Deskripsi, Klasifikasi, Habitat dan Peranan