CALON KUMJO (KULIAH JOGJA) WAJIB BACA


Hai calon kumjo.... apa kabar?? Pasti kalian masih bingung ya dengan keadaan jogja. Gimana sih, jogja itu? Kok kayaknya orang tua kita pada takut nguliyahin anaknya di jogja. Nah, disini aku mau ngasih tau trik & tips buat kalian yang bingung cara ngebujuk orang tua kalian buat kuliah di Jogja.

Eits... jangan buru – buru guys, pasti bakalan aku kasih tau kok. Gak ada salahnya juga kan, kalian tau gimana hiruk – pikuk kota jogja dengan ribuan mahasiswanya dari berbagai daerah.
Cusss.... langsung aja yuk ;D, kalian yang penegen kuliah di jogja pasti gk asing lagi dengan laqob/julukannya kota jogja sebagai kota pelajar dan kota dengan kebudayaannya yang masih kental. Sesekali aku pernah berpikir tu, jogja kan kota pelajar. Pastinya paling gk 50 % wargannya berpendidikan lah... tapi kenapa ya, meskipun berpendidikan yang sarat akan pembaharuan tetap saja kental dengan kebudayaannya. Ada apakah dengan jogja? Perlu gk ya aq tulis ttg hal itu? Kyaknya perlu sih tapi lain kali aja lah.. di sesi selanjutnya aja..
Yups langsung saja, kalian cakumjo pasti bingung nih, buat cari – cari alasan yakinin orang tua yang negative thinking sama Jogja. Kata orang – orang Jogja inilah, Jogja itulah... nah, jurus jitu buat kalian...
Pertama, yakinin dulu tu.. orang tua kalian bahwa kuliah dimana aja itu sama aja pergaulannya. Kalau nggak bisa bawa diri di tempat yg mayoritas alimpun kalau kita salah pergaulan ttp aja akan jelek.. so, jgn underestimet dulu ya sama jogja.
Kedua, di Jogja hidupnya murah banget kayak di desa. Makan sehari 10 ribu cukuplah buat makan 2x. Udah makan kenyang banget tu..
Ketiga, masyarakatnya welcome banget. Kalau takut salah pergaulan cari aja kos – kosan yang nyambung sama rumah bu kos. Atau kalau mau menjaga diri banyak kok mahasiswa yang mondok. Beberapa pondok di jogja yang hitz buat mahasiswa tu, Wahid Hasyim, Krapyak sama di Kota Gede. Mimin lupa namanya :D soalnya bkn anak pondok sih, hihi...
Keempat, kuliah di Jogja tu beda banget sama kuliah di tempat lainnya. Kalian tau kan kalau jogja kota pelajar pastinya banyak dosen - dosen legendlah dalam pendidikan. Nah, dosen legend inilah yang jarang kalian temukan di univ2 luar Jogja. Ya, bisa dibilang kita dapat ilmu masih original lah. Hihi...
Eh, udah kelima aja nih... apa ya, oh iya.. kalian di Jogja kan niat kuliah, pastinya butuh buku2 recomended banget tuh, shopping tempatny dan pastinya jogja punya. Ya, bisa dibilang low price lah buku2 di situ,. Apalagi di Jogjakan banyak percetakan tuh, jadi lebih deket dong sama pusat bukunya..
Nah buat yang keenam ni tips bonus deh, buat kalian yang gk cuma pengen kuliah tapi jg pengen kerja, Jogja jg banyak kok tempat2 yg sengaja buat mahasiswa yg pengen uang tambahan buat kuliah. Aktif2 aja cari info loker, baik di mading kampus, media online grup dll.
So.... masih ragu kuliah di Jogja, Come Join Us. Kuliah disini bakalan buat kamu punya pengalaman lebih sebagai mahasiswa..
Thanks udah baca coretan saya, tunggu coretan selanjutnya ya....
Wassalamu’alaikum......... see you next time,

Comments

Popular posts from this blog

Favites sp: Deskripsi, Habitat dan Peranan

Ophiotrix sp: Deskripsi, Klasifikasi, Habitat dan Peranan

Euspongia sp:Deskripsi, Klasifikasi, Habitat dan Peranan