KLASIFIKASI, DESKRIPSI, MORFOLOGI Camponotus gigas


1.      Camponotus gigas
Klasifikasi :
Kingdom      : Animalia
Phylum        : Arthropoda
Class            : Insecta
Order           : Hymenoptera
Family         : Formicidae
Genus          : Camponotus
Species       : Camponotus gigas
 (sumber : animaldiversity.org)
  1. Deskripsi
Componotus gigas adalah salah satu jenis semut yang memiliki ukuran tubuh yangn besarnya tiga kali dari semut biasa. Camponotus gigas termasuk anggota kelompok Hymenoptera dari suku formicidae (Hadi, 2007).
-          Bagian – bagian tubuh semut menurut Hadi (2007) yaitu:
  1. Abdomen terdiri atas 7 ruas yaitu ruas pertama propodeum yang menyatu dengan toraks. Ruas abdomen kedua adalah petiol, ruas ketiga adalah gaster pertama yang luas apabila ukurannya penuh. Tetapi, bila mengecil dan letaknya terpisah disebut pospetiol. Ruas abdomen ke 3 atau 4 sampai 7 disebut gaster. Tergit abdomen yang terlihat terakhir disebut pigidium dan sternit yang terlihat terakhir disebut hipopigidium.
  2. Acidopora: merupakan lubang sistem pengeluaran asam formiat, yang berbentuk dari apeks hipopigium, tampak seperti pipa semprot (nosel) pendek, biasanya dikelilingi rambut pendek.
  3. Alitrunk (Mesosoma): Terdiri atas 3 ruas toraks yang sesungguhnya (pro, meso, dan metatoraks), yang menyatu dengan propodeum (tergit ruas abdomen pertama), membntuk satu unit tunggal.
4.      Pronotum (PN): Dorsal sklerit protoraks. Pada semut, pronotum meluas ke dorsum dan ke bawah sisi protoraks.
5.      Propleuron (PR): Bagian lateral protoraks. Pada semut, propleuron tertutup oleh bagian lateral propleuron
6.      Mesonotum (MS): Bagian dorsal mesotoraks. Pada semut, mesonotum dapat terpisah dari pronotum oleh garis promesotonal (PMS), atau dapat bersatu membentuk suatu sklerit tunggal yaitu promesonotum (PRS).
  1. Mesopleuron (MSP): Bagian lateral dan ventral mesotoraks. Mesopleuron dapat terdiri atas sklerit tunggal atau dapat terbagi oleh lekuk transversal ke bagian atas dan bawah.
  2. Mesonotum (MTN): Dorsal sklerit metatoraks. Pada semut, metanotum dapat mengecil, atau tidak nyata.
9.      Metanotal groove (MTG): Pada semut, mesonotum dan propodeum seringkali terpisah oleh lekuk transversal atau jejak (lekukan metanonal) menunjukkan sisa terakhir metanotum.
  1. Metapleuron (MTP): Bagian lateral dan ventral metatoraks. Pada semut, metapleuron terletak di bagian posterior mesosoma, di bawah bagian propodeum. Metapleuron memiliki metapleural gland (MG).
  2. Antena : Sepasang embelan sensoris pada kepala di antara dua mata majemuk, yang beruas-ruas dan terdiri atas tiga bagian yaitu scape (SC), pedisel (PD), dan funikulus (= flagelum, FU). Antena pada semut terdiri atas 4-12 ruas. Ruas funikulus bisa berbentuk filiform atau membesar membentuk bulatan di ujung.
  3. Antennal scrobe (ASC): Merupakan lekukan, pada sisi kepala, yang bergerak ke atas atau bawah mata.
  4. Antennal socket (insertion): Scape berhubungan dengan kepala pada antennal socket (ASO). Pada semut, persendian antena ini biasanya menggantung dan tersembunyi pada lubang frontal, tetapi pada beberapa jenis yang tidak mempunyai lubang frontal, persendian terlihat.
  5. Club (jendolan, CL): Bagian ruas antena yang membulat. Pada semut, ujung ruas terakhir (apeks 1-4 ruas) antena membesar seperti jendolan.
15.  Clypeus, klipeus (CP): Sklerit anterior dorsal kepala, terbatas di posterior oleh garis fronto-klipeal ( = batas klipeus posterior, FS). Badan klipeus terdiri atas bagian median dan sepasang bagian lateral (MC, LC). Bagian median klipeus bentuknya bervariasi.
16.  Frontal carina (FC): Sepasang tonjolan pada kepala, terletak di dorsal di belakang klipeus dan di antara persendian antena. Umumnya frontal carina di anterior meluas sampai ke lubang frontal.
  1. Frontal lobe (FB): Lubang frontal biasanya meluas, sebagian atau seluruhnya menutup dan menyembunyikan persendian antena.
  2. Leg segments: Setiap tungkai terdiri atas koksa basal (BC) yang berhubungan denga alitrunk, berikutnya adalah trokhanter (TR), femur (FE), tibia (TB), dan tarsus (TA), yang terakhir terdiri atas lima ruas kecil dan berakhir dengan sepasang kuku tarsal (CA).
19.  Taji tibia (tibial spur, TBS): sendi taji terletak di apeks setiap tibia. Tungkai depan mempunyai satu taji tibia pektinat. Tungkai tengah dan belakang masing-masing bisa dilengkapi dengan dua atau tanpa taji.
  1. Mandibula (MD): Sepasang embelan bagian mulut yang keras di antara labrum dan maksila. Pada semut, sisi bandibula biasanya berbentuk segitiga (triangular mandibles), tetapi beberapa bentuknya segitiga panjang (elongate-triangular) atau lurus memanjang (linear mandibles). Mandibula yang sangat melekuk biasanya cukup pendek dan giginya sedikit atau tanpa gigi disebut falcate.
  2. Metapleural gland (MG): Kelenjar metapleural adalah suatu kelenjar eksokrin yang lubangnya biasanya terletak pada sudut posteroventral pada sisi mesosoma, di atas daerah metakoksa dan bawah daerah spirakel propodeal.
22.  Moutparts (perangkat mulut): embelan kepala yang berfungsi untuk makan termasuk labrum, hipofarings, mandibula, maksila, dan labium.
23.  Maxillary palpi (MP): palpi sensoris pada maksila. Setiap maksila terdiri atas 6 ruas, tetapi bisa berkurang atau berbeda-beda pada kelompok semut.
24.  Labial palps (LP): palpi sensoris pada labium. Setiap palpi kebanyakan terdiri atas 4 ruas, tetapi bisa berkurang atau berbeda-beda pada kelompok semut. Cara menentukan jumlah ruas pada palpi maksila palpi labial dikenal dengan formula palpi (PF). Jumlah palpi maksila disebut pertama dan kedua palpi labial.
  1. Labrum (LB): Sklerit perangkat mulut yang bergantung pada batas anterior klipeus dan biasanya melipat ke belakang dan ke bawah ujung maksila dan labium ketika mulut tidak digunakan.
  2. Occipital carina (OC): Suatu penonjolan kesil pada permukaan posterior yang memisahkan oksiput dari verteks dan gena.
27.  Petiol (PT): Ruas abdomen kedua (lihat Abdomen). Petiol berbentuk node atau tonjolan (nodiform) atau sisik (squamiform), tetapi pada beberapa taksa bisa terlihat seperti ruas sempit, subsilindrik.
28.  Peduncle (PD): Bagian anterior petiol yang relatif sempit. Bila demikian petiol disebut pedunculate. Bila tidak ada (absen), maka node atau sisik petiol mengikuti sambungan propodeum, disebut sessile.
  1. Spongiform (SP): Jaringan kutikular luar seperti sepon, tersebar terutama di sekitar ruas pinggang pada beberapa kelompok semut.
  1. Habitat
Tanah dataran rendah dan pegunungan.
  1. Peran
Menjaga rantai makanan.

Comments

Popular posts from this blog

Favites sp: Deskripsi, Habitat dan Peranan

Ophiotrix sp: Deskripsi, Klasifikasi, Habitat dan Peranan

Euspongia sp:Deskripsi, Klasifikasi, Habitat dan Peranan