Cypraea sp.: Deskripsi, Klasifikasi, Habitat, Peranan dan Manfaatnya


1.      Cypraea sp.
Kingdom        : Animalia
Filum              : Mollusca
Kelas             : Gastropoda
Order              :Caenogastropoda
Famili             : Cypraeidae
Genus             : Cypraea       
Spesies           Cypraea sp
Sumber : www.theconesnail.com
Description: Description: G:\ \Praktikum Lapangan\18-37-27-cypraea_sp_tonga.jpg
a.       Deskripsi
Bentuk cangkang bulat telur dengan permukaan yang licin dan mengkilap, bentuk spiral tidak terlihat, bibir luar (aperture) dan dalam berwarna putih serta bergerigi. Sekitar aperture terdapat gigi radula yang berfungsi untuk mengunyah dan menghancurkan makanan. (Oemarjati, 1991).
Bagian eksternal terdapat mantel, sebuah organ yang memungkinkan menutupi cangkang secara keseluruhan tetapi juga dapat tertarik masuk. Mantel terdiri dari dua lobes yang lunak, basah, dapat mengembang keluar dari apertura ke masing-masing sisi, dan bertemu disekitar bagian middorsal (tengah). Mantel dilengkapi dengan organ sensori (perasa) yang bereaksi terhadap gerakan (tactile), bahan kimia, dan rangsang cahaya. Sel sensori paling banyak terletak pada papilla (ujung dari penonjolan seperti putting yang menutupi mantel). Papila berfungsi dalam respirasi dengan cara menambah area permukaan mantel, sehingga meningkatkan proses pertukaran oksigen. (Kastawi dkk. 2005)
b.             Habitat
Habitat di daerah pasang surut pantai dengan suhu hangat, biasanya berdiam di antara batu karang yang banyak ditumbuhi alga.
c.                             Manfaat
Cangkang Cypraea biasanya digunakan sebagai hiasan yang bernilai tinggi. Mampu mentoleransi perairan dengan kisaran pH antara 7-8. (Abbot. 1965)

Comments

Popular posts from this blog

Favites sp: Deskripsi, Habitat dan Peranan

Ophiotrix sp: Deskripsi, Klasifikasi, Habitat dan Peranan

Euspongia sp:Deskripsi, Klasifikasi, Habitat dan Peranan