Ophiotrix sp: Deskripsi, Klasifikasi, Habitat dan Peranan


1.      Ophiotrix sp
Klasifikasi
Kingdom : Animalia
Filum       : Echinodermata
Kelas       : Ophiuroidea
Ordo        : Ophiurida
Famili      : Ophioridae
Genus      : Ophiotrix
Spesias     : Ophiotrix sp





a.       Deskripsi
Tubuh seperti bola cakral kecil dengan 5 buah lengan bulat panjang. Setiap lengan terdiri dari ruas-ruas yang sama. Tubuh bagian lateral terdapat duri, sedangkan pada bagian dorsal dan ventral tidak terdapat duri. Memiliki kaki tabung tanpa penghisap dan tidak berfungsi sebagai alat gerak, tetapi berfungsi sebagai alat sensori dan membantu sistem respirasi(Rusyana, 2013). Ophiotrix mempunyai cakram tengah yang jelas terlihat dari lengannya yang panjang sehingga memudahkan untuk bergerak. Mulut terletak di pusat tubuh yang dikelilingi lima kelompok lempeng kapur dan tidakmemilii anus. Terdapat mandreporit yang terletak di permukaan dekat mulut (Brotowijiyo, 1993).
Ophiotrix mempunyai jenis kelamin yang terpisah dan fertilisasi terjadi secara eksternal. Hasil fertilisasi akan menghasilkan larva mikroskopis yang disebut pluteus. Mempunyai daya regenerasi tinggi, apabila lengannya terputus akan tumbuh kembali (Rusyana, 2013). Umumnya ophiotrix hidup berkumpul dan menggerakkan tubuhnya dengan menyentakkan lengan-lengannya. Ophiotrix merupakan pemakan organisme yang telah mati, yaitu dengan menggerakkan lengan sehingga kaki tabung meluas dan kemudian menangkap partikel yang mengambang. Setelah itu membawa makanan ke mulut melaluli lengan (Fish, 1996).
b.      Habitat
Ophiotrix hidup di pantai, biasanya bersembunyi di celah-celah batu karang/ lubang-lubang dan hanya akan menampakkan lengannya (Rusyana, 20130).
c.       Manfaat
Ophiotrix merupakan salah satu echinodermata yang penting pada ekosistem laut dan bermanfaat bagi salah satu komponen dalam rantai makanan, yaitu sebagai pemakan sampah organik dan hewan kecil lainnya. Ophiotrix dapat merombak sisa-sisa bahan organik yang tidak terpakai oleh organisme lain, namun dapat dimanfaatkan oleh dirinya. Sehingga ophiotrix dapat sebagai organisme pembersih pantai. Selain itu juga bisa dijadikan hiasan atau bernilai ekonomis (jasin,

Comments

Popular posts from this blog

Favites sp: Deskripsi, Habitat dan Peranan

Euspongia sp:Deskripsi, Klasifikasi, Habitat dan Peranan