Myriapoda: Pauropoda


Pauropoda
1. Ciri Umum
Pauropoda merupakan myriapoda progoneat kecil dengan panjang sekitar 0.5-1.5 mm. Tubuh pauropoda dewasa memiliki abdomen dengan jumlah segmen 12, 6-12 tergite dengan 5 pasang bothriotricha dan 8-11 pasang kaki dengan 5-6 segmen (Scheller, 2008). Jika tubuhnya dilihat dari atas, segmennya tampak lebih sedikit karena tergite (lapisan sisi dorsal) tergabung berpasangan. Jumlah segmen sebenarnya dapat dilihat dari sisi ventral, setiap segmen menghubungkan setiap pasang dari kaki jalan. Bagian yang khas dari pauropoda adalah antena mereka yang bercabang (Minor, 2015). Batang antenanya terdiri dari 4-6 segmen dan bercabang secara distal dengan flagella dan sensor (Scheller, 2008).
Pauropoda merupakan Arthropoda yang tidak memiliki mata dan kepalanya belum berkembang dengan baik. Beberapa jenis pauropoda memiliki kulit yang tersklerotisasi dan berjalan dengan lambat, dan sebagian memiliki tubuh berwarna pucat  dan berjalan cepat.
Pauropoda memiliki jenis kelamin yang terpisah di setiap individunya. Pada beberapa spesies, pauropoda jantan belum dipelajari lebih lanjut, namun beberapa diketahui berkembang biak dengan partenogenesis. Pauropoda betina menyimpan telurnya pada substrat tertentu. Perkembangannya mulai dari larva langsung menjadi Pauropoda dewasa, mulai dari ukuran tubuh yang kecil, segmen tubuh yang sedikit, dan jumlah seta yang berbeda (Minor, 2015).
Kelas Pauropoda terdiri dari lima famili dan lebih dari 500 spesies. Sekitar 100 spesies berasal dari Amerika Utara, 19 spesies berasal dari Tasmania, 18 spesies berasal dari Australia, dan yang lainnya tersebar di Eropa, Jepang, Amerika Selatan, dan sedikit terdapat di Selandia Baru (Minor, 2015)

Comments

Popular posts from this blog

Favites sp: Deskripsi, Habitat dan Peranan

Ophiotrix sp: Deskripsi, Klasifikasi, Habitat dan Peranan

Euspongia sp:Deskripsi, Klasifikasi, Habitat dan Peranan