Deskripsi, Klasifikasi, Habitat dan Peranan Ngengat (Attacus atlas)


Ngengat (Attacus atlas)
Klasifikasi :
Kingdom    : Animalia
Phylum       : Arthropoda
Class           : Insecta
Order          : Lepidoptera
Family        : Saturniidae
Genus         : Attacus
Species       : Attacus atlas
(sumber : animaldiversity.org)

  1. Deskripsi
Attacus atlas adalah jenis ngengat yang paling besar ukuran tubuhnya dari kelompok kupu-kupu dan dikenal dengan nama kupu-kupu gajah. Attacus atlas termasuk anggota kelompok Lepidoptera dari suku saturniidae (Sofyan,2010).
Kupu-kupu yang memiliki rentang sayap 30 cm ini merupakan jenis ngengat terbesar di Asia Tenggara. Selain besar dan lebar, sayap ngengat ini berwarna coklat, antenanya pendek, badannya kecil dan agak membulat adalah ciri-ciri dari ngengat jenis ini. Ulat ngengat ini berwarna hijau dan sering terlihat pada pohon sirsak sebagai salah satu inangnya (Sofyan,2010).
  1. Habitat
Persawahan dan perkebunan
  1. Peranan
Attacus atlas masih sangat umum di Indonesia dan sangat mudah untuk dipelihara. Ngengat ini memiliki sayap yang sangat indah, dengan keindahan sayapnya dapat dijadikan hiasan atau inspirasi bagi pelaku seni. Selain keindahan sayap, ngengat ini memiliki manfaat lain bagi manusia, terutama untuk diambil suteranya. Sutera yang berasal dari jenis ngengat ini merupakan salah satu sutra alami terbaik. Sehingga dengan demikian, jenis ngengat ini
memiliki nilai ekonomi yang sangat tinggi (Sofyan, 2010).

Comments

Popular posts from this blog

Favites sp: Deskripsi, Habitat dan Peranan

Ophiotrix sp: Deskripsi, Klasifikasi, Habitat dan Peranan

Euspongia sp:Deskripsi, Klasifikasi, Habitat dan Peranan