Klasifikasi, Deskripsi, Habitat, dan Manfaat Conus sp


1.      Conus sp
Kingdom        : Animalia
Phylum           : Mollusca
Class               : Gastropoda
Order              : Neogastropoda
Family            : Conidae
Genus             : Conus
Species           Conus marmoreus (Linnaeus, 1758)
Sumber : bioweb.uwlax.edu
Description: Description: G:\ \Praktikum Lapangan\IMG_20160502_151836.jpg 

a.      Deskripsi
Conus memiliki cangkang yang meruncing, spire sangat pendek, body whorl agak besar dan panjang, kepala dengan sepasang tentakel, gigi radula berkembang menjadi penyengat untuk menyerang dan melumpuhkan mangsa. (Oemarjati, 1991).
Conus memiliki cangkang yang ditutupi oleh lapisan berupa jaringan yang disebut periostracum. Pada beberapa spesies, lapisan ini berwarna kuning terang atau transparan sehingga memungkinkan pola cangkang dapat terlihat jelas. Hal inilah yang menjadikan Conus memiliki berbagai macam pola cangkang dan warna yang menarik. Conus merupakan biota yang aktif pada malam hari, jika siang hari biota ini biasanya bersembunyi di bawah batuan maupun koral atau membenamkan dirinya ke dalam pasir. Mangsa alami conus terdiri dari ikan-ikan berukuran kecil, gastropoda, pelecypoda, octopus dan polychaeta. Conus mendeteksi mangsa menggunakan siphon yang dilengkapi dengan kemoreseptor. Kemudian menjulurkan proboscisnya keluar untuk melumpuhkan target. Ujung proboscis tersebut terdapat gigi radular menyerupai seruit dan mengandung racun (conotoxin) yang sangat berbahaya bagi mangsanya. (Kim et al. 2004)
b.      Habitat
Habitat hewan ini berada di daerah pantai yang berpasir, berkarang, dan lubang-lubang batu karang. Hewan ini biasa hidup di perairan tropis dan sub tropis pada perairan yang jernih. Mereka bisa hidup pada kisaran suhu air antara 10o-35oC. (Hutabarat dan Evans. 1985).
c.       Manfaat
Cangkang Conus biasanya digunakan sebagai hiasan tirai, perhiasan lampu, atau souvenir.

Comments

Popular posts from this blog

Favites sp: Deskripsi, Habitat dan Peranan

Ophiotrix sp: Deskripsi, Klasifikasi, Habitat dan Peranan

Euspongia sp:Deskripsi, Klasifikasi, Habitat dan Peranan