Manfaat Kunyit bagi Kesehatan


Kunyit atau kunir merupakan kelompok jahe – jahean (Zingiberaceae) yang memiliki nama latin Curcuma longa Linn. atau Curcuma domestica Val. Tanaman ini merupakan salah satu tanaman rempah – rempah yang sangat populer di Wilayah Asia Tenggara tak terkecuali Indonesia. Hampir semua orang Indonesia pasti pernah mengonsumsi tanaman ini. Baik itu untuk bahan penyedap, obat – obatan ataupun untuk ramuan kecantikan. Tanaman ini juga dikenal baik oleh masyarakat Indonesia dengan beberapa nama daerah, seperti: janar (Banjar), kunir (Jawa), koneng (Sunda) dan konyet (Madura). Meskipun kunyit sangat familiar, namun masih sangat sedikit yang mengetahui manfaat dari kunyit yang begitu beragam. Berikut akan dijelaskan beberapa manfaat kunyit.
Beberapa Manfaat Kunyit:
1. Membantu meredakan peradangan
Kandungan kurkumin pada kunyit merupakan antioksidan yang dapat meringankan peradangan. Hal ini dikarenakan kandungan kurkumin dapat menonaktifkan sitokinin dan enzim penyebab inflamasi. Selain itu, kurkumin juga dapat mengurangi peradangan dengan meningkatkan kadar kortison dalam kelenjar adrenal dan menurunkan kadar histamin. Jenis – jenis peradangan yang mampu diringankan oleh kunyit adalah diabetes, kanker, radang sendi, kardiovaskuler, aterosklerosis dan lain – lain.
2. Mengurangi mual
Kunyit dapat digunakan untuk mengurangi mual. Hal ini dapat dilakukan dengan membuat obat racikan kunyit yang di tumbuk dan di campur dengan lada hitam untuk kemudian diambil sari airnya dan diminum. Kandungan kurkumin dalam kunyit dapat membantu mengurangi mual. Tetapi, jika kunyit langsung diminum manfaatnya lama untuk dirasakan. Hal ini terjadi karena kurkumin sulit larut dalam darah. Maka dari itu, untuk mempercepat proses penyerapan di butuhkan lada hitam. Karena di dalam lada hitam terdapat piperin yang dapat meningkatkan penyerapan curcumin di dalam darah dan memperlambat pemecahannya di dalam hati sehingga lebih tahan lama.
3. Meringankan rasa nyeri pada maag
Maag dapat kambuh secara tiba – tiba. Hal ini terjadi karena adanya luka di lambung akibat terkena infeksi bakteri H. Pylori, stress, dan konsumsi makanan tertentu yang dapat menaikkan asam lambung akibat terkikisnya lapisan dinding usus dan kerongkongan.
Nah, dengan meminum air kunyit dapat membantu mengurangi rasa nyeri dan frekuensi kambuhnya maag. Hal ini terjadi karena kandungan kurkumin dapat meningkatkan produksi lendir pada lambung sehingga lambung terlindungi dari iritan – iritan.
4. Membantu meredakan nyeri haid
Wanita Indonesia mungkin sudah tidak asing lagi dengan adanya jamu pereda nyeri haid yang tidak lain adalah jamu kunir asam. Yah, jamu kunir asam ini pada jaman dulu dan sudah digunakan oleh orang – orang terdahulu untuk meredakan nyeri haid. Kunyit digunakan sebagai pereda nyeri haid karena kandungan kurkuminnya dapat melemaskan kontraksi rahim dan mengurangi produksi prostaglandin yang dapat meningkatkan rasa sakit pada saat haid.
5. Mengontrol kadar gula darah
Begitu banyaknya manfaat kunyit ini, maka tak jarang kunyit juga dimanfaatkan untuk mengontrol kadar gula dalam darah. Lagi – lagi kandungan kurkumin pada kunyit mampu mengoptimalkan fungsi insulin sehingga kadar gula dalam darah menjadi stabil dan mencegah terkenanya penyakit diabetes.

Comments

Popular posts from this blog

Favites sp: Deskripsi, Habitat dan Peranan

Ophiotrix sp: Deskripsi, Klasifikasi, Habitat dan Peranan

Euspongia sp:Deskripsi, Klasifikasi, Habitat dan Peranan