Manfaat apel


Manfaat apel
Buah Apel atau Mulus sp. merupakan buah yang berasal dari Asia Tengah. Apel memiliki kulit yang berwarna hijau, kuning hingga merah tergantung variannya. Kulitnya yang lembek dan daging buahnya yang keras dengan aroma yang khas menjadikan daya tarik tersendiri bagi buah ini. Banyak orang menyukai buah ini karena warnanya, aroma buahnya dan rasa buahnya. Selain itu, buah ini juga memiliki manfaat yang sangat banyak. Jadi tidak heran jika buah ini memiliki banyak penggemar. Adanya kandungan antioksidan, flavonoid, serat, air, kalium, asam ursolat, pektin dan vitamin C dan kandungan – kandungan vitamin yang lainnya, menjadikan buah apel memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Bahkan sampai ada sebuah ungkapan “ An apple a day keeps the doctor away ”. Nah, masih ragu dengan kemanfaatan buah apel ini? Berikut akan kami jelaskan beberapa manfaat yang bisa anda rasakan ketika mengkonsumsi buah apel.
-          Menjaga kesehatan usus
Manfaat dari buah apel dapat anda rasakan secara optimal saat anda mengkonsumsinya secara keseluruhan dengan kulit buahnya. Kandungan serat dan oksidan serta pektin dapat membantu menjaga saluran pencernaan anda dan membantu memberikan nutrisi bakteri baik yang ada pada saluran pencernaan anda sehingga dapat menjaga fungsi saluran pencernaan agar tetap bekerja secara optimal.
-          Memelihara jantung
Kandungan pektin, fitonutrien (nutrisi nabati) dan antioksidan pada buah apel membantu mencegah adanya penumpukan kolesterol pada dinding pembuluh darah anda. Manfaat ini bisa anda rasakan saat anda mengkonsumsi satu atau dua buah apel dalam satu hari. Selain itu, buah apel ini juga dapat membantu mengurangi peradangan dan penyumbatan pada pembuluh arteri.
-          Mengurangi resiko diabetes
Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa seseorang yang mengkonsumsi buah apel setiap hari secara rutin dapat mengurangi resiko terjadinya komplikasi pada penderita penyakit diabetes. Kandungan fitonutrien membantu menstabilkan kadar gula dalam darah dan mencegah terjadinya peningkatan kadar gula darah dengan cara menstimulasi sel – sel pankreas untuk mensekresi atau membentuk insulin, menghambat kerja enzim yang berfungsi memecah karbohidrat menjadi gula sederhana dan menurunkan penyerapan gula dalam aliran darah. Sehingga tidak heran jika buah apel ini sangat baik dikonsumsi untuk penderita diabetes.
-          Mencegah kanker
Selain mengurangi resiko diabetes, mengkonsumsi buah apel secara rutin juga dapat menurunkan resiko terkena penyakit kanker kerongkongan, paru – paru, kolorektal, payudara dan mulut. Adanya kandungan antioksidan dan manfaat apel yang membantu mengurangi adanya peradangan dalam tubuh, membuat buah ini cocok dikonsumsi sebagai upaya untuk mencegah terkenanya penyakit kanker.
-          Membantu menurunkan berat badan
Salah satu kandungan buah apel yang membantu menurunkan berat badan yaitu adanya kandungan air dan serat yang tinggi pada buah apel membuat orang yang memakannya mudah kenyang sehingga mengurangi porsi makan yang berlebihan. Penurunan berat badan efektif dapat anda lakukan dengan mengkonsumsi buah apel 3 kali dalam satu hari selama 12 minggu.
-          Menjaga kesehatan otak
Adanya kandungan antioksidan kuersetin dan flavonoid membantu mengurangi matinya sel – sel saraf sebagai akibat dari penuaan. Selain itu adanya kandungan antioksidan yang tinggi juga membantu memelihara memori dan sel – sel dalam otak anda sehingga dapat menurunkan resiko terkena penyakit stroke dan juga Alzheimer.
-          Menjaga bau mulut
Kandungan pektin pada buah apel juga bermanfaat dalam mengontrol bau makanan yang telah kita makan dengan meningkatkan produksi air liur sehingga mulut menjadi bersih dan tetap terjaga dari bau yang tidak sedap.
Demikian beberapa manfaat buah apel yang bisa anda dapatkan ketika mengkonsumsinya secara rutin. Untuk mendapatkan manfaat secara optimal, anda dapat memilih buah yang memiliki warna yang terang untuk anda konsumsi dan jangan lupa untuk mencucinya terlebih dahulu sebelum dikonsumsi. Saat mengkonsumsi buahnya, disarankan anda tidak memakan bijinya, karena mengandung racun sianida. Jika anda ingin menyimpannya, simpanlah pada suhu 2 – 4 derajat Celsius. Yuk, konsumsi buah apel setiap hari..

Comments

Popular posts from this blog

Favites sp: Deskripsi, Habitat dan Peranan

Ophiotrix sp: Deskripsi, Klasifikasi, Habitat dan Peranan

Euspongia sp:Deskripsi, Klasifikasi, Habitat dan Peranan