Manfaat Pisang

Manfaat Pisang
Pisang atau Musa sp. merupakan salah satu jenis tumbuhan yang memiliki daun besar atau biasa dikategorikan dalam famili Musaceae. Buahnya yang bertandan dan berwarna hijau sampai kuning ini sudah tidak diragukan lagi tingkat kemanfaatannya. Tekstur daging buahnya yang lembut dan mudah di cerna, menjadikan buah ini banyak digemari dari berbagai kalangan usia. Mulai dari anak – anak hingga dewasa dapat mengkonsumsi buah ini, sehingga dapat memperoleh manfaat dari buah ini. Bagi kalian yang masih ragu dengan manfaat buah ini, berikut akan kami jelaskan beberapa manfaat yang anda dapatkan saat mengkonsumsi buah pisang.
-          Melancarkan peredaran darah
Pisang mengandung potasium dan kalium yang dapat membantu memperlancar peredaran darah. Kandungan kalium pada pisang dapat membantu dalam mengatur tekanan darah pada tubuh. Sehingga dapat mengurangi resiko terkena penyakit jantung dan stroke.
-          Membantu pencernaan
Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa buah ini memiliki kandungan serat yang tinggi. Sehingga sering digunakan untuk membantu melancarkan pencernaan dan mencegah terjadinya sembelit. Selain itu pisang juga dapat mencegah terjadinya gejala kanker usus besar yang membahayakan bagi tubuh. Kandungan vitamin C pada pisang juga dapat membantu mencegah terjadinya inflamasi.
-          Menjaga kesehatan mata
Pisang memiliki kandungan vitamin A dan juga alpha karoten dan beta karoten yang dapat diubah menjadi vitamin A. Kandungan vitamin A yang larut dalam lemak sangat membatu dalam menjaga kesehatan mata dengan menjaga membran yang melindungi mata. Kadar vitamin A yang tercukupi secara optimal, dapat melindungi dan mencegah mata ada dari kebutaan.
-          Menstabilkan kerja jantung
Sebagaimana telah diketahui bahwa buah pisang mengandung elektrolit kalium yang membantu memperlancar peredaran darah, sehingga dapat menjaga kerja jantung agar tetap stabil. Jika asupan kalium tidak tercukupi, maka akan membuat jantung anda menjadi terganggu dan memiliki ritme detak jantung yang tidak stabil bahkan berisiko menghentikan detak jantung anda.
-          Mencegah terkena penyakit tukak lambung
Pisang mengandung antasida alami yang dapat menetralkan asam lambung secara alami. Selain itu, pisang juga mengandung antioksidan flavonoid leucocyanidin yang dapat meningkatkan membran mukus dalam lambung, sehingga dapat mencegah terkenanya penyakit tukak lambung.
-          Merawat kulit
Kandungan vitamin C pada buah pisang sangat baik untuk membantu membentuk kolagen dan mencegah kerusakan sel kulit akibat paparan sinar UV dari matahari. Buah ini juga dapat mencegah munculnya jerawat, mengurangi minyak yang berlebih pada kulit wajah dan melembabkan kulit yang kering. Buah yang dapat anda gunakan untuk perawatan wajah anda adalah buah pisang yang sangat matang dan lembek. Buah tersebut bisa anda buat menjadi masker dengan cara membuatnya menjadi pasta yang halus sehingga dapat anda oleskan ke kulit wajah anda. Sebelum mengoleskannya ke wajah, basuh dulu wajah anda agar bersih dari kotoran – kotoran. Kemudian oleskan secara merata masker yang telah dibuat dan tunggu sampai 15 menit. Setelah itu, anda dapat membasuhnya dengan air dan rasakan manfaatnya. Jika anda ingin mendapatkan kelembapan yang lebih optimal, anda dapat menambahkan madu pada masker yang telah dibuat.
-          Mencegah terjadinya asma
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan Imperial Collage London menjelaskan bahwa anak – anak yang mengkonsumsi buah pisang satu kali dalam satu hari secara rutin, memiliki peluang 34% lebih kecil terkena penyakit asma dibandingkan anak – anak yang tidak mengkonsumsinya.
-          Membantu pengobatan anemia
Buah pisang mengandung FE (zat besi) yang dapat digunakan untuk membantu meningkatkan kadar zat besi dalam darah. Bagi penderita anemia, dapat mengkonsumsinya 2 kali dalam sehari, maka dapat membantu meningkatkan kadar besi pada darah anda.
Demikian beberapa manfaat pisang yang dapat anda ketahui saat mengkonsumsi buahnya. Masihkah anda ragu untuk mengkonsumsinya?

Comments

Popular posts from this blog

Favites sp: Deskripsi, Habitat dan Peranan

Ophiotrix sp: Deskripsi, Klasifikasi, Habitat dan Peranan

Euspongia sp:Deskripsi, Klasifikasi, Habitat dan Peranan