Manfaat Pohon Kelapa


Manfaat Pohon Kelapa
Kelapa merupakan tanaman yang sering kita jumpai di seluruh wilayah Indonesia. Pohon ini merupakan tumbuhan berjenis monokotil (berbiji satu), yang mimiliki ciri pohon tidak bercabang, dengan batang yang keras dan berdiameter lebih besar daripada pohon pinang. Pohon ini memiliki akar serabut dan daun menyirip. Semua bagian dari pohon kelapa memiliki manfaat yang cukup banyak bagi manusia. Dari mulai akar sampai daun sering digunakan untuk keperluan sehari – hari. Baik itu untuk keperluan rumah tangga maupun kesehatan dan kecantikan. Untuk mengetahui lebih jelas lagi, kali ini akan dijelaskan manfaat pohon kelapa secara umum maupun secara khusus pada bagian – bagiannya.
-          Daun
Daun pohon kelapa berbentuk menyirip dan berwarna hijau putih sampai kehijauan saat muda dan akan berwarna coklat saat tua. Daun ini ketika muda sering digunakan untuk membuat ketupat, dan ketika daunnya sudah tua dapat digunakan untuk membuat atap yang biasanya digunakan pada gubuk – gubuk disawah. Selain daun, tulang daunnya juga dapat digunakan untuk membuat sapu lidi yang biasanya digunakan untuk membersihkan kotoran – kotaran dan debu.
-          Buah Kelapa
Buah kelapa terdiri dari beberapa bagian yaitu kulit luar (sabut kelapa), kulit dalam (sabut kelapa) dan daging buah. Bagian – bagian tersebut memiliki manfaat masing – masing, misalnya sabut kelapa dapat digunakan untuk bahan membuat kerajinan dan juga dapat digunakan untuk membuat sapu ijuk. Batok kelapa dapat digunakan untuk membuat arang / bahan bakar dan juga bahan dasar pembuatan kerajian tangan. Sedangkan pada buahnya dapat digunakan berbagai kebutuhan, yaitu airnya dapat digunakan untuk membantu mengembalikan ion yang hilang dalam tubuh (menghilangkan dehidrasi), dimasak untuk kemudian diambil minyaknya atau sekedar digunakan untuk pembuatan bahan makanan seperti santan ataupun parutan kelapa pada klepon dan lain – lain. Bahkan untuk parutan kelapa yang sudah tidak terpakai (ampas) dapat digunakan untuk membersihkan alat – alat dapur yang kotor.
-          Batang
Batang kelapa yang biasa disebut kayu gelugu, biasanya dapat dimanfaatkan untuk bahan dasar pembuatan furniture ataupun penyangga rumah. Sedangkan serbuk sisa pemotongan kayu dapat digunakan untuk bahan bakar ataupun pupuk tanaman.
-          Akar
Akar pohon kelapa dapat digunakan sebagai hiasan dalam rumah yang memiliki nilai seni tinggi.
-          Bunga
Bunga kelapa berwarna kuning dan memiliki aroma yang manis. Bunga ini akan mekar pada usia 4 – 6 tahun. Bunga tersusun secara majemuk dan dilindungioleh brachtea. Bunga kelapa biasanya digunakan untuk obat – obatan tradisional dan bahan kerajinan seperti tas, topi ataupun tali pada sandal.
Itulah beberapa penjelasan manfaat pohon kelapa secara umum, yang semua bagiannya dapat kita manfaatkan dalam kehidupan sehari – hari dan akan memiliki nilai ekonomis yang tinggi jika kita mampu mengolahnya. Selanjutnya akan dijelaskan beberapa manfaat buah kelapa dalam dunia kesehatan.
Buah kelapa memiliki kandungan karbohidrat dan kalori cukup rendah sehingga dapat dimanfaatkan bagi tubuh. Selain itu, buah ini juga mengandung nutrisi – nutrisi penting yang diperlukan oleh tubuh seperti; vitamin C, serat, protein, kalium dan magnesium. Berikut beberapa manfaat buah kelapa:
1. Membantu melawan radikal bebas
Bagian dari buah kelapa yang digunakan adalah pada airnya. Air kelapa memiliki sifat sebagai antioksidan yang dapat membantu mennagkal radikal bebas yang dapat menghancurkan sel – sel dalam tubuh.
2. Meringankan sejumlah penyakit
Air kelapa juga dapat dimanfaatkan dalam penyembuhan beberapa penyakit, seperti tekanan darah tinggi, diabetes dan gangguan pada ginjal.
3. Mencegah gangguan pada ginjal
Air kelapa juga dapat mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh, sehingga dapat membantu mengurangi terjadinya resiko terkena penyakit jantung.
Demikian beberapa manfaat buah kelapa bagi kesehatan.

Comments

Popular posts from this blog

Favites sp: Deskripsi, Habitat dan Peranan

Ophiotrix sp: Deskripsi, Klasifikasi, Habitat dan Peranan

Euspongia sp:Deskripsi, Klasifikasi, Habitat dan Peranan