Manfaat Anggur


Manfaat Buah Anggur
Anggur merupakan tanman yang masuk dalam famili Vitaceae. Tanaman ini telah lama dibudidayakan di Timur Tengah sejak 4000 SM dan 2500 SM telah di olah bangsa Mesir menjadi minuman anggur. Penyebaran tanaman ini hampir merata ke semua benua. Cara penanamannya yang cukup mudah yaitu hidup didataran rendah dengan musim kemarau 4 – 7 bulan, membuat tanaman ini menjadi salah satu tanaman yang digemari untuk ditanam. Selain itu, kandungan vitamin, antioksidan, polifenol dan fitonutrien pada buahnya sangat bermanfaat bagi yang mengkonsumsinya. Daya tarik warna pada buahnya dari mulai hitam, merah dan hijau juga menjadi daya tarik buah anggur bagi penikmatnya. Bagi kalian para pecinta buah anggur atau baru mau menjadikan anggur sebagai salah satu santapan buah anda, ada baiknya untuk mengetahui berbagai manfaat dari buah anggur itu sendiri. Berikut akan kami jelaskan beberapa manfaat yang terkandung di dalam buah anggur.
-          Menjaga jantung
Anggur mengandung polifenol yang dipercaya dapat membantu mengurangi resiko terkenanya penyakit kardiovaskuler, dan mengurangi resiko penyakit aterosklerosis (pengerasan dinding pembuluh arteri) dengan mengurangi efek inflamasi dinding pembuluh darah sehingga dapat menurunkan tekanan darah serta membantu dalam melawan radikal bebas.
Selain mengandung polifenol, anggur juga mengandung flavonoid yang dapat melindungi tubuh dari kolesterol jahat (LDL), serta terdapat kandungan serat dan kalium yang dapat menjaga kesehatan jantung bagi para penikmatnya.
-          Mencegah kanker
Kanker merupakan sel yang pertumbuhannya tidak dapat dikontrol, sehingga menjadikannya sel yang mematikan. Berbagai penelitian telah mempublikasikan bahwa kandungan resveratrol pada buah anggur mampu mencegah pertumbuhan sel kanker yang tumbuh dengan cepat. Kandungan resveratrol diyakini dapat memperlambat pertumbuhan sel tumor dan kanker pada hati, lambung, payudara, dan getah bening. Selain itu kandungan resveratrol juga dapat menangkal radikal bebas akibat pancaran sinar UVA dan UVB yang dapat menyebabkan kanker kulit.
-          Mencegah penuaan dini
Selain kandungan resveratrol, buah anggur juga mengandung quaercetin dan rutin yang mampu melawan radikal bebas. Dimana pancaran radikal bebas ini dapat merusak DNA, protein dan sel dalam tubuh yang dapat menyebabkan penuaan dini. Dengan adanya tiga kandungan antioksidan tersebut, maka dapat mencegah penuaan dini.
-          Meredakan gejala alergi dan peradangan
Terdapat kandungan antiradang dan antihistamin yang dapat membantu dalam mencegah dan mengurangi peradangan pada tubuh, seperti; arthritis, radang gusi, radang kulit, radang usus, radang pada jantung dan lainnya.
-          Menjaga kesehatan otak
Anggur merah banyak mengandung resveratrol yang dapat membantu menjaga peredaran darah pada otak anda. Darah diperlukan otak anda untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan oksigen, sehingga jika nutrisi dan oksigen tercukupi dengan baik, maka dapat menjaga kesehatan otak anda. Selain itu, beberapa penelitian menjelaskan bahwa resveratrol dapat menjaga memperkuat daya ingat anda.
-          Menjaga kesehatan mata
Anggur merah juga mengandung lutein dan zeaxanthin yang berfungsi sebagai antioksidan dalam tubuh yang bekerja untuk menjaga kesehatan mata. Kedua zat antioksidan tersebut dapat menyaring cahaya yang akan masuk kedalam mata kita. Cahaya – cahaya yang berbahaya seperti cahaya biru yang dipancarkan dari radiasi gadget dapat dikontrol oleh antioksidan tersebut, sehingga mata anda dapat terlindungi dengan baik. Selain itu kandungan lutein dan zeaxanthin juga dipercaya mengurangi resiko terkena katarak dan degenerasi makula pada orang yang sudah lanjut usia.
Itulah beberapa manfaat yang dapat anda rasakan dengan mengkonsumsi buah anggur. Adanya beberapa varian pada buah anggur tentu membuat anda memiliki beberapa pilihan untuk mengkonsumsinya. Apapun jenis buah anggur tetap mimiliki kandungan yang bermanfaat bagi tubuh anda. Kalau bukan sekarang kapan lagi anda akan memulai mengkonsumsinya?

Comments

Popular posts from this blog

Favites sp: Deskripsi, Habitat dan Peranan

Ophiotrix sp: Deskripsi, Klasifikasi, Habitat dan Peranan

Euspongia sp:Deskripsi, Klasifikasi, Habitat dan Peranan