Tanaman Hias Daun

Tanaman hias adalah tanaman yang sengaja di tanam dan memiliki daya tarik tersendiri bagi pemiliknya. Manfaat yang begitu beragam seperti mempercantik dan mengharumkan ruangan, sebagai hiasan/aksen fotografi, buket bunga, ataupun mengusir nyamuk dan serangga memberikan nilai tambah tersendiri bagi tanaman ini. Tak heran jika tanaman ini menjadi banyak incaran orang sekedar untuk dekorasi rumah ataupun peluang bisnis yang menjanjikan.  Ada banyak jenis tanaman hias. Namun secara garis besar berdasarkan tempat penanamannya dapat dibedakan menjadi dua yaitu tanaman outdoor (luar ruangan) dan indoor (dalam ruangan). Nah, bagi anda yang tertarik untuk menanam tanaman hias, perlu kiranya anda mengetahui jenis – jenis tanaman hias yang cocok untuk ditanam di rumah anda. Berikut ini beberapa penjelasan terkait tanaman hias beserta contoh dan manfaatnya.

Tanaman Hias Daun

Tanaman ini memiliki daya tarik keindahan pada daunnya. Saat ini banyak orang yang memanfaatkan tanaman hias daun untuk keperluan desain interior dan menciptakan kenyamanan serta kesegaran pikiran. Berikut ulasan tanaman hias daun yang dapat anda tanam di rumah.

a. Lidah Mertua (Sanseviera)

 

Tanaman ini banyak digemari masyarakat karena kemudahan perawatan dan keunikan daunnya. Selain itu Sanseviera juga merupakan tanaman yang mampu menyerap karbondioksida, radiasi dari berbagai macam alat elektronik, asap rokok dan jenis polusi lainnya untuk diubah menjadi oksigen. Bagi anda yang ingin mempercantik ruangan, Sanseviera dapat menjadi salah satu tanaman pilihan anda dengan adanya tulang daun yang sejajar dan memperindah desain minimalis ruangan anda.

b. Spider Plants (Chlorophytum comosum)

Tanaman hias yang daunnya menjuntai seperti kaki laba – laba. Tanaman ini sangat bermanfaat untuk menyerap benzena, formaldehida, karbon monoksida dan menyerap racun lainnya. Tanaman ini justru akan tumbuh dengan baik jika tidak terkena matahari langsung dan sangat cocok untuk mempercantik di dalam ruangan.

c. Monstera deliciosa

Monstera adalah salah satu tanaman yang banyak di gemari saat ini. Bentuk daunnya yang unik dan warna hijau daun yang kuat memberikan kesan kesejukan dan atmosfer tropis di ruangan. Orang Tiongkokpun mempercayai bahwa monstera adalah simbol kemakmuran dan kesehatan. Berbeda dengan tanaman yang lainnya Monstera merupakan salah satu tanaman yang toleran terhadap habitat yang sedikit cahaya matahari. Tanaman ini juga toleran di tempatkan di area yang terdapat pendingin ruangan. Sehingga tanaman ini sangat cocok bagi anda yang ingin memperindah ruangan anda dan dapat melengkapi konsep minimalis ruangan yang ingin di ciptakan.

d. Puring (Codiaeum variegatum)

Puring adalah tanaman yang biasa ditemukan di luar ruangan. Bentuk daunnya yang berwarna – warni memberikan daya tarik tersendiri bagi pecinta tanaman hias. Selain dapat mempercantik pekarangan rumah anda, ternyata tanaman ini juga memiliki banyak manfaat. Kandungan senyawa saponin, flavonoid dan polifenol pada daunnya dapat digunakan untuk pengobatan penyakit sifilis, sakit perut, sembelit, dan juga cacingan. Cara penanamannya cukup mudah, yaitu cukup di tempatkan di tempat yang memiliki unsur hara yang cukup dan sedikit air. Karena tanaman ini membutuhkan banyak sinar matahari namun sedikit air, maka cocok dijadikan sebagai tanaman out door.

e. Palem

Palem merupakan tanaman kosmopolitan. Keberadaannya sangat mudah kita temukan di seluruh wilayah Indonesia. Palem adalah salah satu tanaman yang dapat tumbuh di berbagai jenis wilayah. Tanaman ini dapat dimanfaatkan di pekarangan rumah sebagai peneduh jalan ataupun di dalam ruangan untuk memperindah ruangan. Cara menanamnya cukup membutuhkan perhatian. Palem tidak menyukai genangan air, sehingga dibutuhkan media tanam tanah yang berpasir. Palem juga memerlukan pencahayaan yang penuh, kecuali pada saat perkecambahan dan pembibitan yang memerlukan sedikit cahaya.

Comments

Popular posts from this blog

Favites sp: Deskripsi, Habitat dan Peranan

Ophiotrix sp: Deskripsi, Klasifikasi, Habitat dan Peranan

Euspongia sp:Deskripsi, Klasifikasi, Habitat dan Peranan