KEPEMIPINAN: KEPALA SEKOLAH




Masa Depan Kepemimpinan Kepala Sekolah
                Kepala sekolah mempunyai hubungan erat dengan orang tua peserta didik dan masyarakat yang lain, tetapi bekerja paling dekat dengan pesrta didik. Hagman, (1996) mengemukakan bahwa kepala sekolah dasar bertugas memberi stimulus kepada anak – anak kecil mulai hari pertama masuk sekolah sampai anak – anak menjelang remaja. Ia memperhatikan dan mengerti benar perilaku anak – anak didiknya. Itulah sebabnya banyak kepala sekolah lebih senang bekerja di sekolah daripada meninggalkan anak – anak didik untuk mencari posisi yang lain. Itu juga alasan mengapa banyak orang yang betah bekerja di lembaga pendidikan daripada pekerjaan lain yang memberinya imbalan finansial yang lebih tinggi, atau memberi rasa aman yang lebih di bidang material.
                Jika kepala sekolah seorangidealis dan menghendaki perbaikan pendidikan anak – anak, maka tidak ada kesempatan yang lebih bagus dibandingkan dengan pendidikan pada pendidikan dasar. Pada pendidikan dasar anak – anak tidak cukup kalau hanya di bekali kemampuan membaca, menulis, dan berhitung, tetapi lebih dari itu mereka perlu belajar tentang kehidupan secara keseluruhan. Oleh karena itu, menjadi kepala sekolah tidaklah membosankan karena setiap hari ia tidak pernah menghadapi hal yang selalu sama. Dalam menghadapi dan bekerja dengan anak – anak, seseorang sulit untuk memprediksi apa yang akan terjadi. Anak – anak dalam perjalanan perkembangan  menuju dewasa, setiap saat mereka mengalami perubahan dengan sangat cepat. Kepala sekolah sebaiknya mampu mengantisipasi problem yang mungkin akan timbul dan menagani sesuai apa yang diharapakan.
                Menjadi kepala sekolah berarti menduduki status. Berdasarkan surat pengangkatan sebagi kepala sekolah seseorang memiliki status: kepala, pemimpin, pengelola, pembina, admiistrator, dan figur. Maka, dapat dikatakan bahwa masa depan kepemimpinan kepala sekolah adalah menjadi kepala sekolah yang baik.
                Posisi kepala sekolah selalu dianggap penting; sehingga masyarakat berharap ia mampu mewujudkan cita – cita pendidikan serta mampu menjadi figur. Bagi atasan, kepala sekolah dianggap sebagai teman kerja atau patner kerja yang baik dalam melakasanakan kebijakan lembaga dan pemerintah. Meskipun demikian, dalam undang – undang dinyatakan bahwa jabatan kepala sekolah, seberat apapun tugas dan fungsinya ; semuanya adalah tambahan. 
               

Comments

Popular posts from this blog

Favites sp: Deskripsi, Habitat dan Peranan

Ophiotrix sp: Deskripsi, Klasifikasi, Habitat dan Peranan

Euspongia sp:Deskripsi, Klasifikasi, Habitat dan Peranan