MAKALAH: INDIKATOR KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH
A.
Indikator
Kepemimpinan Kepala Sekolah Efektif
Kepala
sekolah yang efektif sedikitnya harus mengetahui, menyadari, dan memahami tiga
hal yaitu mengapa pendidikan yang berkualitas diperlukan di sekolah, apa yang
harus dilakukan untuk meningkatkan mutu dan efektivitas sekolah, dan bagaimana
mengelola sekolah secara efektif untuk mencapai prestasi yang tinggi. Maka
kemampuan menjawab tiga persoalan tersebut dapat dijadikan tolok ukur sebagai
standar kelayakan apakah seseorang dapat menjadi kepala sekolah yang efektif
atau tidak[1].
Indikator
kepala sekolah efektif secara umum juga dapat diamati dati tiga hal pokok yaitu
komitmen terhadap visi sekolah dalam menjalankan tugas dan fungsinya,
menjadikan visi sekolah sebagai pedoman dalam mengelola dan memimpin sekolah,
serta senantiasa memfokuskan kegiatan pembelajaran dan kinerja guru dikelas
(Greenfield, 1987). Ungkapan tersebut sejalan dengan yang diungkapkan oleh
Heck, dkk (1991) bahwa prestasi akademik dapat diprediksi berdasarkan
pengetahuan terhadap perilaku kepemimpinan kepala sekolah. Hal tersebut dapat
dipahami karena proses kepemimpinan kepala sekolah mempunyai pengaruh terhadap
kinerja sekolah secara keseluruhan. Berdasarkan hasil-hasil kajiannya pada
berbagai sekolah unggulan yang telah sukses mengembangkan berbagai programnya,
perilaku dalam kinerja juga dapat dikatakan sebagai indikator kepemimpinan
kepala sekolah efektif.
Indikator-indikator
kepemimpinan kepala sekolah yang efektif secara umum sebagai berikut:
1.
Memiliki gaya
kepemimpinan yang demokratis, lugas, dan terbuka.
2.
Menyiapkan waktu
untuk berkomunikasi secara terbuka dengan para guru, peserta didik, dan warga
sekolah lainnya.
3.
Memantau
kemajuan belajar peserta didik melalui guru sesering mungkin berdasarkan data
prestasi belajar.
4.
Menyelenggarakan
pertemuan secara aktif, berkala dan berkesinambungan dengan komite sekolah,
guru, dan warga sekolah lainnya.
5.
Melakukan
berbagai kunjungan kelas untuk mengamati kegiatan pembelajaran secara langsung.
6.
Memiliki visi
yang kuat tentang masa depan sekolahnya, dan mampu mendorong semua warga
sekolah untuk mewujudkannya.
7.
Memiliki harapan
tinggi terhadap prestasi peserta didik dan kinerja seluruh warga sekolah.
8.
Memfokuskan
perannya sebagai manajer sekolah dan anggaran.
9.
Disiplinnya
dalam menjaga dokumen sekolah.
Comments
Post a Comment